Blognya Elconfs

Partisi Harddisk dengan Easeus Partition Manager

Posted on: 06/04/2011

Easeus Partition ManagerAda banyak software yang dapat digunakan untuk melakukan partisi harddisk, salah satunya adalah Easeus Partition Manager. Seperti halnya software partisi lainnya, Easeus Partition Manager memiliki fitur untuk membuat, merubah kapasitas partisi, merger partisi dan melakukan hal lain dengan partisi harddisk drive. Easeus Partition Manager merupakan software yang cukup ringan dan bisa didapatkan secara gratis.

Dalam tutorial kali ini saya akan menunjukkan cara mempartisi harddisk dengan Easeus Partition Manager. Berikut langkah-langkah untuk melakukan partisi harddisk dengan Easeus Partition Manager:

1. Download Easeus Partition Manager disini.

2. Lakukan installasi Easeus Partiton Manager.

3. Jalankan Easeus Partition Manager. Kita akan melihat partisi yang sudah ada pada harddisk.

Easeus Partition Master

4. Untuk membuat partisi baru, klik pada salah satu partisi. Partisi yang dipilih adalah partisi yang masih mempunyai ruang kosong, karena partisi yang sudah terisi penuh tidak dapat dikurangi untuk membuat partisi baru. Ruang kosong pada partisi yang kita pilih akan berwarna abu-abu. ( Sebagai contoh, partisi yang saya pilih di sini adalah drive D: ).

5. Klik tool Resize/Move, atau bisa juga dari menu Partition >> Resize/Move, atau bisa juga dengan klik kanan pada partisi tersebut >> pilih Resize/Move. Jendela Resize/Move Partition akan terbuka.

6. Jika kita ingin membuat partisi baru dengan ukuran tertentu, berarti kita akan mengurangi ukuran partisi yang kita pilih tersebut.

  • Jika kita ingin membuat partisi baru sebelum partisi yang kita pilih, sorot bagian kiri pada bar Size and Position, kemudian tarik ke kanan sesuai ukuran yang kita inginkan. Ukuran partisi baru yang kita buat dapat dilihat di bagian Unallocated Space Before.
  • Jika kita ingin membuat partisi baru setelah partisi yang kita pilih, sorot bagian kanan pada bar Size and Position, kemudian tarik ke kiri sesuai ukuran yang kita inginkan. Ukuran partisi baru yang kita buat dapat dilihat di bagian Unallocated Space After.
  • Satuan ukuran pada Unallocated Space dan Partition Size adalah MB, jadi jika ingin membuat partisi baru dengan ukuran 10 GB, maka lakukan drag sampai menunjukkan angka kurang lebih 10000 MB pada textbox Unallocated Space.

Klik OK.

Resize/Move Partition

7. Selanjutnya kita akan membuat partisi baru. Klik pada bagian Unallocated, yaitu partisi yang akan kita buat. Klik tool Create pada toolbar atau dengan klik kanan >> pilih Create. Jendela Create Partition akan terbuka.

8. Beri label, yaitu nama drive yang akan kita buat, pada Partition Label. Pilih File System yang diinginkan, saya sarankan NTFS saja. Pilih Drive Letter yang diinginkan. Kemudian klik OK.

Create Partition

9. Jika semua setting sudah seperti yang kita inginkan, klik tombol Apply untuk melakukan proses partisi. Untuk membatalkan aksi yang kita lakukan klik tombol Undo.

Applying Operation

10. Setelah menekan tombol Apply, maka proses partisi akan berlangsung. Biasanya untuk mempartisi harddisk, komputer perlu melakukan restart dan proses akan berlangsung sebelum masuk ke Windows.

11. Setelah proses selesai, periksa drive harddisk Anda. Anda akan melihat perubahan pada ukuran dan jumlah drive harddisk  komputer Anda.

Referensi :
EASEUS Partition Manager, Alternatif Software Partisi Gratis untuk Windows
Partisi Harddisk Dengan EASEUS Partition Manager

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: